Tidak ada keraguan bahwa Strategi Digital Marketing atau pemasaran digital sangat penting dalam keberhasilan suatu bisnis, apa pun industri yang Anda geluti. Tidak seperti masa lalu di mana bisnis menggunakan iklan tradisional, saat ini, banyak bisnis telah mengadopsi pemasaran digital untuk menjangkau banyak pelanggan.
Pemasaran digital adalah cara yang harus ditempuh jika Anda ingin menjangkau dan membangun hubungan dengan banyak pelanggan.
Ketika diterapkan dengan cara yang benar, pemasaran digital akan memungkinkan bisnis Anda menargetkan dan menjangkau pelanggan, mengklasifikasikan yang baru, meningkatkan penjualan, dan mengalami pertumbuhan yang berkesinambungan.
Pendekatan pemasaran digital ini akan membuat bisnis Anda terlihat oleh pelanggan Anda yang sudah ada atau menghubungkan Anda dengan pelanggan yang baru.
Seperti Apa Digital Marketing Hari Ini?
Menurut Marketinginsidergroup.com Digital Marketing atau Pemasaran digital adalah penggunaan internet dan perangkat elektronik untuk membuat bisnis Anda dikenal oleh pelanggan lama atau baru Anda baik secara lokal maupun Internasional.
Pemasaran digital adalah sarana periklanan yang dilakukan melalui berbagai macam platform digital seperti media sosial, email marketing, aplikasi seluler, situs web, PPC (pay per click) dan optimasi mesin pencari.
Dalam dunia digital saat ini, pemasaran adalah tentang terhubung dengan calon pelanggan Anda di tempat yang tepat dan pada waktu yang diinginkan, menjual produk dan layanan yang mereka butuhkan pada waktu yang tepat.
Artinya, Anda perlu menargetkan mereka bagaimana menghabiskan sebagian besar waktunya dan dalam hal ini, Internet. Pemasaran digital mencakup berbagai aktivitas pemasaran seperti konten marketing, email marketing, SEO, dan lain-lain.
Oleh Karena itu, di bawah ini, kami telah menyusun daftar 7 Tips dan Trik Strategi Digital Marketing yang digunakan oleh banyak merek bisnis terkenal di dunia.
1. Gabungkan SEO dan Konten Marketing
SEO dulu merupakan fungsi pengkodean. Saat ini, sebagian besar metrik yang disertakan dalam algoritma Google berkaitan dengan konten dan interaksi yang Anda peroleh melalui distribusi konten yang baik. Menggunakan berbagai jenis konten (teks, gambar, video, infografis, audio, dll) jauh lebih baik daripada menggunakan satu jenis konten.
Valuable Content – Konten harus memiliki sifat menghibur agar menarik, informatif, agar pembaca merasakan manfaat. Konten berharga mendorong langganan ke email Anda, sharing, komentar, dan tindakan lain yang berkontribusi pada ROI.
Original Content – Konten dapat berupa gambar, audio, video, atau teks, tetapi ketika Anda memutuskan untuk menggunakan satu atau semua konten digital ini, pastikan itu baik dan asli.
Jika Anda tidak dapat membuat konten yang unik, menarik, Anda dapat menggunakan jasa seorang ahli untuk membuat konten untuk situs web dan platform media sosial Anda.
Apropriate Content – Ciptakan konten yang sesuai, Anda perlu membuat konten yang tepat untuk setiap tahap dalam proses konversi (dan metrik Anda harus mencocokkan tujuan Anda dengan setiap konten).
2. Optimalkan Situs Web Dengan Perangkat Seluler
Untuk memastikan konten Anda mobile friendly, situs web atau landing page Anda dapat diakses di berbagai device seperti desktop, laptop, tablet, ataupun smarthphone.
Pengguna saat ini sebagian besar menggunakan smartphone dan tablet untuk mengakses web. Jadi, sangat penting untuk membuat situs web dan konten Anda dapat diakses oleh pengguna di semua ukuran layar.
Baca Juga: 10 Cara Jitu Meningkatkan Performa WordPress
3. Gunakan Tools Yang Tepat
Pemasaran digital adalah penggabungan dari berbagai strategi yang ditujukan untuk berbagai platform, seperti SEO, PPC, Social Media Marketing, dan sebagainya. Untuk memastikan bahwa Anda memiliki pemasaran yang terintegrasi, Anda memerlukan alat pemasaran digital yang tepat untuk membantu Anda menjalankan kampanye yang efektif.
4. Gunakan Desain Yang Menarik dan Modern
Desain mendasari banyak hal yang membuat pemasaran digital berhasil. seperti halnya desain website, landing page, desain gambar untuk digital ads, atau infografis, Anda harus memiliki keterampilan desain yang baik.
persoalannya, tidak semua dari kita memahami hal-hal yang berkaitan dengan desain, kabar baiknya ada beberapa tools yang sangat membantu dalam urusan desain:
Canva – adalah sebuah aplikasi hebat untuk membuat gambar media sosial Anda tampak baik. Salah satu aspek Canva yang sangat kami sukai adalah template yang membantu mendesain gambar yang tampak bagus meskipun kita awam dan tidak tahu apa-apa tentang tata letak atau font untuk di kombinasikan dalam sebuah gambar.
Photoshop – memang mahal, tetapi Photoshop adalah alat desain yang sangat hebat. Dulu lebih sulit menggunakan Photoshop, tetapi sekarang ada banyak tutorial di YouTube dan Photoshop sekarang menyertakan tutorial mini kecil jika Anda membutuhkannya.
Kuler – Jika mencampurkan warna bukan keahlian Anda, maka Adobe Color cocok untuk Anda. Ini memungkinkan Anda mengimpor gambar dan menggunakan warna atau Anda dapat memilih warna untuk mendapatkan warna yang cocok dengannya.
5. Buat Daftar Email Prospek
Ini harus dilakukan sejak awal bisnis Anda. Jika Anda sedang dalam tahap startup, Anda perlu merencanakan atau membuat daftar email prospek. Pastikan untuk mengumpulkan email orang yang akan Anda informasikan pembaruan dan perkembangan bisnis Anda. Kirimi mereka informasi yang berguna tetapi hindari mengirim spam.
6. Digital Advertising
Digital Ads, termasuk kampanye PPC (pay per click) seperti Google Ads, atau iklan media sosial di platform seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Twitter, dan iklan seluler sangat bagus untuk mendukung kesuksesan pemasaran digital.
7. Integrasikan Strategi Kampanye Di Berbagai Platform
Mengintegrasikan seluruh platform ini bisa sangat menantang, terutama di perusahaan yang lebih besar di mana tim yang berbeda dapat mengelola platform yang berbeda atau di mana agensi iklan yang berbeda menangani berbagai aspek pemasaran, seperti pemasaran konten, iklan berbayar, dan sosial media. Mengintegrasikan setiap platform akan mendorong Anda mencapai kesuksesan pemasaran digital yang sebenarnya.
Kesimpulan
Saat ini pemasaran digital adalah suatu keharusan untuk kesuksesan bisnis Anda, dan kami berharap daftar 7 tips dan trik strategi digital marketing ini akan membuat bisnis Anda terus menuju ke arah yang lebih baik.
Tips dan trik ini dicoba dan diuji dan ketika Anda menerapkannya secara efektif, Anda dapat menjadi yang terdepan dalam persaingan Anda.
Jika ingin bisnis Anda sukses di dunia digital saat ini, tips dan trik pemasaran digital ini akan berguna. Kiat apa yang akan Anda tambahkan ke daftar ini? Beri tahu kami di komentar di bawah!
Add a Comment